Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Poros Tongka-Batu Raya Dapat Dilalui Kendaraan

  • Oleh Ramadani
  • 16 September 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ruas jalan poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara yang beberapa waktu lalu mengalami longsor, kini sudah ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Kamis, 15 September 2022. 

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik, Jumat 16 September 2022 mengatakan, jalan longsor di Jalan poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang sudah dilakukan penanganan di beberapa titik.

“Alhamdulillah ruas jalan longsor di poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang di tiga titik sudah teratasi dan fungsional kembali. Dan sudah bisa dilalui kendaraan roda 4,” kata M Iman Topik.

Dikatakan Iman Topik, kegiatan perbaikan titik longsor ruas jalan Tongka - Batu Raya, ada 3 titik perbaikan yaitu pertama STA, 2+600 (pemadatan timbunan longsor yang kemaren), kemudian STA. 4+100 pelebaran pada sebelah kiri bahu jalan karena pada bagian kanan ada titik longsor dan STA 4+600 pelebaran kanan bahu jalan arah Batu Raya sekaligus penimbunan badan jalan longsor pada bagian kiri jalan.

Saat melakukan penanganan jalan longsor, Kepala Dinas PUPR M Iman Topik bersama Kepala Bidang Bina Marga dan pejabat teknis langsung turun ke lokasi penanganan jalan longsor. Alat berat yang digunakan dalam penanganan excavator dan baby roller.

Sebelumnya pada Selasa 30 Agustus 2022 malam tanah longsor terjadi di ruas jalan poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang. Akibatnya longsor, kendaraan roda 4 dari arah ibu kota Kecamatan Gunung Timang, Kandui menuju Baturaya maupun sebaliknya tak bisa lewat lokasi tersebut. Lokasi longsor berada sekitar 3 kilometer dari arah Desa Tongka. 

Longsor yang terjadi d ruas jalan tersebut diketahui setelah ada postingan foto di Facebook oleh Kepala Desa Tongka, Edy Sumantri, Jumat 2 September 2022 sekitar pukul 14.30 WIB. 

"Tetap kebersamaan masyarakat memperbaiki jalan Tongka - Batu Raya yang longsor hampir tidak bisa dilewati motor. Kalau roda 4 ngga bisa lewat. Mudah-mudahan dari pihak Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara ada perhatian dan kemurahan hati bisa mendatangkan alat berat excavator supaya bisa menimbun yang longsor demi kelancaran umum," begitu cuitan Kades Tongka Edy Sumantri di laman FB-nya. (RAMADHANI/B-5) 

Berita Terbaru