Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Harus Amanah Kelola Keuangan dan Aset

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 September 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menginstruksikan para Kepala Desa (Kades) untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di wilayah masing-masing. Pun demikian wajib amanah dalam mengelola keungan dan aset desa.

“Saya minta tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pahami tugas dan jalankan betul-betul dengan aparat pengelola keuangan yang amanah,” pinta Bupati pada acara penutupan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, Senin, 19 September 2022.  

Apalagi, lanjut Hendra, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) memiliki tiga sumber anggaran, yakni Dana Desa dari pusat, bantuan Gubernur dan ADPD (Alokasi Dana Perimbangan Desa) dari APBD.

“Jangan sampai nanti ada Kades yang terkait dengan APH (Aparat Penegak Hukum),” ucap Bupati memperingatkan.

Hendra meminta seluruh Kades dan Aparatur Desa di Kabupaten Lamandau menjadi pribadi yang bersih, jujur, amanah dan berintegritas serta mematuhi seluruh  ketentuan perundang-undangan.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan masalah legalitas kepemilikan aset desa. Menurutnya, para kepala desa ini memiliki masa kepemimpinan yang terbatas, jadi diharapkan bisa menjalankan tugas sebaik mungkin.

“Kepala Desa harus segera mengurus kepemilikan aset desa. Mumpung diberikan amanah, selesaikan soal aset. Karena kan saudara-saudara tidak akan selamanya jadi kades, jalankan tugas ini dengan penuh tanggungjawab,” pesannya.

Bupati menambahkan, kepala desa dan aparat desa berpotensi besar melakukan korupsi karena memiliki akses langsung dalam pengelolaan dana. Sehingga diperlukan tata kelola pemerintahan desa yang bersih, transparan dan bertanggung jawab, untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat agar mampu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru