Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagperinkop Kapuas Sediakan PLUIT Bagi Pelaku UMKM

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 September 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas telah menyediakan Pusat Layanan Usaha Itah Terpadu (PLUIT) bagi para pelalu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) wilayah setempat.

Ruangan PLUIT yang disediakan ini tepatnya berada di sebelah Kantor Disdagperinkop Kapuas Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas Apendi melalui Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Utama Disdagperinkop Kapuas Kastalani mengatakan PLUIT merupakan tempat menampung hasil-hasil pelaku usaha UMKM dari kerajinan tangan maupun kuliner.

“Selain itu, tempat ini digunakan untuk memasarkan produk dan melakukan pembinaan berupa cara mengemas yang bagus, kemudian bagaimana syarat-syarat membuat label,” katanya, Senin, 19 September 2022.

Adapun kerajinan tangan yang dijual disini antara lain kerajinan dari bahan dasar purun, rotan serta produk kuliner berupa keripik, tapai dan lain-lain dengan jam operasional mengikuti jam kerja yang mana mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

“Supaya masyarakat ada daya tarik mengunjungi PLUIT ini maka didalam ruangan kami sediakan cafe, sehingga selain melihat hasil kerajinan tangan dan kuliner, masyarakat juga disediakan makanan dan minuman,” ucapnya.

Melalui Pusat Layanan Usaha Itah Terpadu ini, Kastalani menuturkan ke depannya para pelaku usaha akan dibina untuk bagaimana cara mengembangkan produk-produknya yang baik dan dapat memasarkan produknya, sehingga nilai jual produknya meningkat. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru