Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Palangka Raya Berbagi Tips Jaga Kesehatan saat Banjir

  • Oleh Hendri
  • 19 September 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Norhaini mengatakan, musim hujan identik dengan terjadinya banjir. Banjir, baik dalam skala besar maupun kecil, merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Selain menyebabkan gangguan dalam aktivitas dan kerusakan properti, banjir juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Melalui pencegahan yang baik, kita dapat menjaga tubuh tetap sehat saat mengalami kebanjiran.

Dia mengatakan, air banjir mengandung berbagai hal yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Saat banjir ditemukan sampah rumah tangga, limbah berbahaya seperti zat karsinogenik arsenik, kromium, dan merkuri, benda rumah tangga, serta binatang liar seperti tikus dan ular, yang dapat menyebabkan penyakit.

"Saat ini beberapa wilayah di tempat kita sedang banjir, kami ingin masyarakat tetap menjaga kesehatan. Salah satunya rajin mencuci tangan agar tidak terserang penyakit seperti diare," katanya, Senin 19 September 2022.

Saat kebanjiran, nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat. Dia mengimbau masyarakat menghindari gigitan nyamuk dengan mengenakan pakaian lengan panjang dan berwarna gelap.

"Selain itu, gunakanlah penangkal serangga jika tersedia. Sebaiknya kita juga membersihkan genangan-genangan air yang ada di dalam rumah," ungkapnya.

Nyamuk dapat menjadi sumber penyebaran dari berbagai penyakit. Apabila mengalami gejala, seperti demam, bintik merah pada kulit, nyeri sendi, dan nyeri otot, datanglah ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. (HENDRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru