Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lamandau Tanggapi Pandangan Umum Fraksi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 September 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - DPRD Kabupaten Lamandau kembali melaksanakan sidang paripurna untuk melanjutkan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2022.

Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lamandau, Heriyanto itu mengagendakan penyampaian tanggapan eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Lamandau atas Ranperda APBD-P tahun anggaran 2020.

Saat menyampaikan tanggapan eksekutif, Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang telah diberikan pihak semua fraksi DPRD Lamandau.

Sebelumnya, Fraksi partai Golkar yang menyarankan agar pemerintah daerah mampu menggali sumber-sumber pendapatan secara luas. Sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah.

“Atas pemandangan umum fraksi Golkar tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Lamandau melakukan pembenahan dan perbaikan kebijakan dalam rangka peningkatan PAD melalui intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan pajak dan retribusi Daerah,” ungkap Wabub Riko, Selasa, 20 September 2022.

Riko menyebut, terkait dengan pendapatan daerah dari pemerintah pusat, maka pemerintah daerah Kabupaten Lamandau terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat dan melakukan pembenahan dan perbaikan kebijakan.

Hal ini dilakukan dalam rangka optimalisasi penerimaan bagi hasil pajak pusat melalui aspek ketatalaksanaan dan aspek personalianya yang pelaksanaannya melalui kegiatan basis data, sinkronisasi dan sinergitas serta rekonsiliasi data potensi penerimaan dan pembagihasilan serta penyaluran.

“Terkait dengan pemandangan Fraksi PDI Perjuangan terkait perencanaan dan pengawasan kegiatan infrastruktur, maka Pemkab Lamandau terus berupaya untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Sementara terkait pelayanan masyarakat, pihaknya mengaku akan terus mengoptimalkan peran pemerintah desa melalui Dinas Pemberdayaan dan masyarakat desa dan pemerintah Kecamatan.

“Kami telah dan akan terus melakukan pembinaan kepada pemerintah Desa dalam menjalankan tugas dan urusannya, terlebih lagi dalam pelayanan publik,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru