Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Nomor 1 Maafkan Kampanye Hitam

  • 26 Januari 2016 - 23:23 WIB

Gelombang kampanye hitam yang mendera pasangan calon (paslon) gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 1, H Sugianto Sabran-Habib Said Ismail (Sohib), tak menimbulkan dendam. Sehari menjelang masa pencoblosan, Sohib memaafkan pelaku black campaign itu.  

'Kami dengan tulus ikhlas sudah memaafkan siapapun mereka yang melakukan fitnah atau black campaign, karena kami ingin Kalteng aman, nyaman, dan damai. Tidak perlu ada dendam, selam ini kami berupaya bisa sabar, karena kami ingin bekerja tulus untuk masyarakat Kalteng,' kata Sugianto pada acara konsolidasi kader Partai Amanat Nasional (PAN), yang menghadirkan Sekjen PAN Edi Suparno, artis Ibu Kota sekaligus politikus PAN Dessy Ratnasari dan komedian Eko Patrio, di Palangka Raya, Selasa (26/1/2016).

Kubu Sohib juga memandang lawannya, Willy Midel Yoseph-Wahyud K Anwar (Wibawa), sebagai sesama orang Kalteng yang harus menjaga kerukunan. ''Kalau kita cinta dan sayang Kalteng, mari bertanding dengan sportif,' kata Sugianto.

Bangun kebersamaan

Yang penting, menurut mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI itu, masyarakat Kalteng hari ini harus membangun kebersamaan. Yaitu, secara serempak di berbagai tempat berangkat ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menentukan terpilihnya satu paslon untuk memimpin Kalteng lima tahun ke depan.

'Mari berbondong-bondong ke TPS, sambut pesta demokrasi ini dengan penuh semangat dan kebersamaan. Baik Sohib dan Wibawa adalah masyarakat Kalteng,' kata Sugianto.

Ditegaskannya, Sohib siap kalah dan siap menang. Kalau menang, maka akan menggandeng semua pihak untuk bersama membangun untuk kesejahteraan Kalteng. Tapi kalau kalah, Sohib tidak ingin sampai menggugat ke Mahkamah konstitusi (MK).

Demikian juga Sohib mengharapkan, kalau Wibawa kalah, bisa berkomitmen yang sama. 'Mari kita bangun kebersamaan. Artinya, setelah hari pencoblosan, setelah usai pertandingan, kita sama-sama menjaga kedamaian, kerukunan masyarakat,' tutur Sugianto.

Sementara Ketua DPW PAN Kalteng, Ade Supriadi, meminta semua lapisan masyarakat mengawasi jalannya pemungutan suara pada hari ini.

Bahkan, ia menekankan semua warga adalah saksi sehingga bisa berpartisipasi mengawal pilgub yang jujur dan bersih.

'Semua kita ini adalah saksi. Laporkan jika terjadi kecurangan atau tindak pelanggaran,' ucap Ade.

Sekjen PAN Edi Suparno juga mengingatkan agar warga Kalteng tidak terjebak kepentingan sesaat, seperti tergiur iming-iming sembako untuk memilih calon tertentu. 'Hargai diri dan masa depan kita dan anak kita, jangan tukar dengan sembako dan atau uang,' katanya. (RZ/B-1)

Berita Terbaru