Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tetapkan Satu Kelurahan Cinta Statistik

  • Oleh Hendri
  • 21 September 2022 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya bersama Badan Pusat Statistik (BPS) menetapkan Kelurahan Palangka sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik). Program ini bertujuan untuk membina, membangun dan meningkatkan kompetensi aparatur agar mampu memahami tentang statistik.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, kelurahan tersebut nantinya mengidentifikasi berbagai data yang dibutuhkan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan agar mampu menjadi kelurahan percontohan.

"Saya berharap agar Lurah Palangka dan seluruh jajarannya berkerja sama dengan BPS selaku instansi pembina statistik agar melakukan tata kelola statistik dengan baik," katanya, Rabu 21 September 2022.

Menurutnya, sudah seharusnya Kelurahan sebagai aparat pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat memiliki data-data statistik yang terkait dengan kondisi nyata di kelurahannya masing-masing.

Dengan lengkapnya data statistik di kelurahan, tentunya akan sangat bermanfaat bagi para Lurah dan Camat dalam menyusun perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Palangka Raya, Amos Adam Residu menuturkan, Kelurahan tersebut akan didampingi BPS agar menjadi wilayah yang berdaya guna dan mampu mengembangkan wilayahnya melalui data-data yang dimiliki.

"Kelurahan Palangka sebagai Pilot Project titik awal implementasi program pembinaan statistik sektoral serta penguatan pengelolaan data yang berstandar dan berkualitas," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru