Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Dukung Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

  • Oleh Hendri
  • 21 September 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyatakan dukungan atas program pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS).

Regsosek merupakan bagian reformasi sistem perlindungan sosial yang telah dirancang Bappenas sejak 2020 dan salah satu upaya untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Nantinya data Regsosek yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial diharapkan mampu menjawab tantangan besar dalam program perlindungan sosial.

"Informasi komprehensif yang dikumpulkan melalui Regsosek diharapkan mampu menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk. Melalui data yang akurat akan meningkatkan ketepatan sasaran program pemerintah salah satunya ketepatan penyaluran berbagai program bantuan sosial," katanya, Rabu 21 September 2022.

Dia mengatakan, data yang diperoleh melalui pendataan tahun ini merupakan basis data  awal yang ke depannya akan dimutakhirkan secara berkala dan perlu dipahami bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan satu data Indonesia yang bisa dibagi pakaikan antar lembaga.

"Data ini diharapkan dapat terhubung dengan basis data di masing- masing instansi, seperti halnya Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Data Pokok Pendidikan (Dapodik dan Pendataan Keluarga (PK).

"Ke depan harus terhubung dengan data ketenagakerjaan, dunia usaha secara keseluruhan termasuk UMKM dan tentunya hal-hal lain yang berkaitan dengan pembangunan di segala bidang," ujarnya.

"Sehingga kita benar-benar memiliki satu data yang dapat digunakan bersama dalam berbagai upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat yang kita lakukan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru