Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim RSJ Kalawa Atei Obati ODGJ di Puskesmas Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 September 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur bekerja sama dengan Rumah Sakit Jiwa atau RSJ Kalawa Atei Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan pengobatan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Puskesmas Tamiang Layang, Rabu, 21 September 2022.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Barito Timur Enikuane yang ditemui di sela kegiatan tersebut mengungkapkan, sebelum pelaksanaan pengobatan pihaknya melakukan kunjungan koordinasi ke RSJ Kalawa Atei terkait penanganan ODGJ yang ada di Barito Timur.

"Pada saat itu disepakati bahwa tim dari RSJ Kalawa Atei akan datang ke Barito Timur dan mengadakan pengobatan yang dipusatkan di Puskesmas Tamiang Layang dan terlaksana hari ini. Tim ini juga berencana untuk melaksanakan home visit (kunjungan ke rumah) ODGJ di wilayah Kecamatan Dusun Timur setelah kegiatan pengobatan," ujarnya.

Enikuane menjelaskan, Tim RSJ Kalawa Atei yang datang terdiri dari psikiater, psikolog, dokter umum dan perawat. Sedangkan obat-obatan disediakan oleh Dinas Kesehatan Barito Timur.

"Hingga saat ini ODGJ yang telah mengkonfirmasi akan melakukan pengobatan dari Puskesmas Tamiang Layang ada 9 orang, Puskesmas Ampah 4 orang dan Puskesmas Tampa 2 orang," ungkapnya.

Dia berharap dengan pengobatan tersebut ODGJ yang ada di Barito Timur dapat kembali sehat dan beraktivitas normal seperti warga lainnya.

Menurut Enikuane, seperti halnya warga yang lain ODGJ juga berhak dan layak untuk hidup, sembuh serta dihargai. Karena itu dia berharap masyarakat tidak mengucilkan ODGJ apalagi memasung mereka.

Hingga saat ini total ODGJ di Barito Timur yang terdata di dinas kesehatan mencapai 245 orang, jumlah tersebut sudah termasuk yang dirawat di RSJ kalawah Atei.

"Untuk penanganan ODGJ selanjutnya kami akan terus berkoordinasi dengan RSJ Kalawa Atei sehingga ODGJ yang ada di Barito Timur tertangani dengan baik hingga sembuh," ucapnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru