Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: Pandemi Covid-19 Bikin Masyarakat Melek Teknologi

  • Oleh Hendri
  • 21 September 2022 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya membawa dampak negatif untuk kehidupan masyarakat. Di satu sisi juga membawa dampak positif, salah satunya masyarakat semakin melek teknologi.

"Setidaknya kita semakin menyadari akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pendidikan, komunikasi dengan keluarga atau handai taulan atau bahkan untuk tujuan ekonomi seperti untuk belanja dan lain sebagainya," katanya, Rabu 21 September 2022.

Meski begitu dia menyadari bahwa Pandemi Covid-19 merupakan tantangan berat bagi pembangunan pada tahun 2020-2021. Perekonomian mengalami kontraksi pengangguran dan angka kemiskinan juga mengalami peningkatan.

"Pandemi yang sampai saat ini masih terasa dan kita sedang berjuang untuk keluar dari kondisi yang tidak kita inginkan tersebut, telah membawa perubahan yang sangat signifikan," ujarnya.

Dia menyebutkan ada begitu banyak dampak negatif dari pandemi tersebut, antara lain banyak penduduk yang  kehilangan pekerjaan dan akhirnya jatuh dalam jurang kemiskinan, anggaran pembangunan begitu banyak yang yang harus dialihkan untuk mengatasi pandemi dan berbagai dampak sosial ekonomi lainnya.

Untuk menghadapi situasi sebagai dampak yang muncul dari pandemi COVID-19, dalam rencana kerja pemerintah tahun 2021 dan 2022 dicetuskan tiga reformasi struktural, yaitu reformasi sistem kesehatan, reformasi sistem kebencanaan dan reformasi sistem perlindungan sosial. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru