Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Kobar Wacanakan Kualitas Kontributor MMC Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 September 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna meningkatkan skill jurnalistik kontributor Multimedia Center (MMC) agar bisa menyajikan informasi yang akurat mengenai pembangunan, kinerja dan prestasi apa saja yang telah diraih Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Komunikasi Informasi dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kobar mewacanakan agar para kontributor tersebut juga memiliki kompetensi dalam pembuatan sebuah berita.

Kadiskominfo Kobar Rodi Iskandar pada kegiatan pelatihan Jurnalis/Kontributor MMC Kobar 2022 yang digelar di Hotel Andika, Rabu, 21 September 2022 mengatakan dalam waktu dekat ini rencananya bakal berkoordinasi dengan Dewan Pers terkait wacana tersebut.

"Tentunya kami harus mengetahui apakah ada kemungkinan para kontributor MMC yang terdiri dari staf humas berbagai instansi di lingkungan Pemkab Kobar mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," jelasnya.

Hal tersebut, menurut Rodi Iskandar, agar para jurnalis/kontributor MMC yang merupakan garda terdepan penyampai informasi terkait kinerja Pemkab Kobar juga bisa memiliki skill yang sama seperti yang dimiliki oleh para jurnalis dari berbagai media yang diakui Dewan Pers.

"Rencananya kami akan berkonsultasi dan koordinasi dengan Dewan Pers terkait hal ini. Bila nantinya jurnalis/kontributor MMC bisa mengikuti UKW guna mendapatkan sertifikasi, pastinya kami akan melakukan penyaringan internal terlebih dahulu untuk menentukan apakah yang bersangkutan layak menjadi peserta UKW," jelasnya.

Rodi Iskandar mengatakan, bila wacana tersebut bisa dijalankan, rencananya hak tersebut bakal direalisasikan tahun 2023.

"Pastinya ini upaya kami untuk mewujudkan keprofesionalan profesi, sehingga para jurnalis atau kontributor MMC juga layak dan memiliki sertifikasi dalam menyampaikan berbagai informasi terkait pembangunan yang telah dicapai Pemkab Kobar pada publik," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru