Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Poktan Kenangan Jaya Desa Payang Coba Tanam Kedelai

  • Oleh Ramadani
  • 22 September 2022 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dalam kunjungan ke Kolompok Tani (Poktan) Kenangan Jaya Desa Payang Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kepala Dinas Pertanian Syahmiludin A Surapati dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Eveready Noor langsung menuju lahan pertanian yang ditanam jenis kedelai sekaligus mendengarkan kebutuhan para patani. 

Ketua Poktan Kenangan Jaya Hariyanto mengatakan bibit kedelai ini bersal dari Jogjakarta yang disediakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara dengan jenis asmoro joyo dengan luas lahan 1,5 ha.

“Bibit ini sangat cocok sekali di tanam lahan kelompok tani ini dengan suburnya walaupun baru pernah mencoba dan ini akan terus dilanjutkan hasil panen ini juga akan di jadikan bibit untuk kelompok kelompok tani lainnya, tidak hanya jenis kedelai ini saja yang akan dikembangan namun juga tanaman sayuran lainnya juga akan kami galakan sebagai ketahanan pangan desa,” kata dia, Rabu 21 September 2022.

Hariyanto mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari binaan langsung Camat Gunung Purei Bambang Supriyanto yang selalu memberikan dukungan kepada semua kelompok tani di Kecamatan Gunung Purei. 

Camat Gunung Purei, Bambang Suprianto dalam keterangannya menyampaikan akan memafaatkan lahan-lahan pertanian agar produktif di gunakan oleh kelompok tani sebagai pengendalian dampak inflasi dan mitigasi pada tingkat desa.

"Tenaga penyuluh, pendamping desa semua siap membantu kelompok tani ini dan siap mengkoordinasikan dengan dinas teknis masing-masing kebutuhan kelompok nantinya akan didukung pendanaan dari dana desa," tambahnya. 

Kepala Dinas Pertanian Syahmiludin A Surapati menaggapi permintaan dan permasalahan kelompok yang sebagai agen perubahan pada desa untuk tetap melaksakanan sesuai dengan rencana difinitif kebutuhan kelompok (RDKK) baik itu menyangkut pupuk dan lain sebagainya.

“Dinas Pertanian Barito Utara siap membantu sepenuhnya termasuk bibit yang akan diperlukan oleh keplompok tani, penyuluhan dan pendampingan serta pemasarannya,” katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru