Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sambut Kunker Kajati Kalteng, Ini Kata Bupati Pulang Pisau

  • Oleh Asprianta
  • 22 September 2022 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Tengah (Kalteng) Pathor Rahman di Kabupaten Pulang Pisau.

Kedatangan rombongan Kajati Kalteng belum lama ini disambut dengan upacara Adat Potong Pantan di halaman Aula Banama Tingang, kantor Bupati Pulang Pisau.

"Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Kajati Kalteng didampingi istri bersama pejabat utamanya di Kabupaten Pulang Pisau, Bumi Handep Hapakat," kata Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau.

Dalam kesempatan itu Bupati Perempuan Pertama Pulpis itu menyampaikan arti dari Bumi Handep Hapakat yang merupakan julukan Kabupaten Pulang Pisau.

Di mana, artinya Adanya Persatuan dan Kesatuan Semua Komponen Masyarakat, serta Terbuka dengan Tidak Membedakan Agama, Suku dan Warna Kulit dalam Falsafah Hidup Gotong Royong sebagaimana Kehidupan Masyarakat Suku Dayak dalam Rumah Betang dalam Bingkai NKRI.

"Jadi, daerah kami ini merupakan merupakan pemekaran dari Kabupaten Kapuas pada tahun 2002 lalu. Luasan wilayah 969.298,99 hektar atau 9.692,99 kilometer persegi, terdiri dari 8 kecamatan, 95 dan 4 kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 133.376 jiwa terdiri dari berbagai etnis dengan mayoritas suku Dayak, Banjar dan Jawa," ucapnya.

Selain itu Bupati Pulpis itu juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Pulang Pisau, mempunyai banyak potensi diantaranya bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Secara khusus, dalam bidang pertanian, lanjutnya, Kabupaten Pulang Pisau diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat dalam mewujudkan program strategis nasional, yaitu food estate.

"Program ini adalah adalah program ketahanan pangan yang akan menjadikan Kabupaten Pulang Pisau sebagai lumbung pangan nasional, dan program dimaksud berada di Kecamatan Maliku dan Pandih Batu," ungkap Taty.

Dalam kesempatan itu Bupati Pulpis tidak lupa memberikan apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau, Dr Priyambudi, SH MH beserta jajaran Kejari Pulang Pisau, yang telah melakukan pendampingan dan intervensi program di lokasi food estate, seperti penguatan UMKM, Bimtek Alsintan bekerjasama dengan Pemkab Pulang Pisau.

"Bahkan telah diberikan nama jalan Jaksa Agung R Soeprapto di jalan menuju food estate, dan diresmikan pada tanggal 21 Juli 2022," tambah Taty.

Berita Terbaru