Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Pastikan Program UHC Capai 100 Persen

  • Oleh Hendri
  • 22 September 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Khemal Nasery meminta pemerintah daerah memastikan Universal Health Coverage (UHC) bisa mencapai 100 persen.

UHC merupakan suatu sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua orang menerima pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan tanpa harus mengalami kesulitan finansial.

“Monitoring Pencapaian UHC Kota Palangka Raya sampai dengan Maret 2022 dengan jumlah penduduk 293.023 jiwa, capaiannya baru 84,90 persen dengan 14.761 jiwa yang belum terdaftar. Kita harapkan bisa mencapai 100 persen tahun ini," katanya, Kamis, 22 September 2022.

UHC bertujuan untuk kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan. Semua orang akan mendapatkan layanan yang mereka butuhkan, tidak hanya terbatas bagi mereka yang dapat membayar layanan tersebut.

Sementara itu, Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, realisasi pencapaian cakupan jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) terkendala anggaran.

"Tentunya ada keterbatasan dalam pencapaian UHC, yakni kemampuan dari dana daerah yang sangat terbatas, sehingga perlunya kerja sama dan koordinasi untuk sama-sama mencapai target yang diinginkan," tuturnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru