Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng akan Berikan Subsidi kepada Komoditas Penyumbang Inflasi

  • Oleh Nopri
  • 22 September 2022 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan memberikan subsidi kepada komoditas penyumbang inflasi di daerah. Subsidi akan diberikan kepada para nelayan, petani, dan penyedia jasa angkutan barang.

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo mengatakan hingga saat ini pihaknya daerah bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah sedang melakukan intervarisir penerima bantuan subsidi inflasi.

"Subsidi untuk bahan pangan akan diberikan kepada pasar penyeimbang dan barang kebutuhan pokok. Supaya masyarakat mendapatkan harga pangan secara normal," katanya, Kamis 22 September 2022.

Selain bahan pangan, pihaknya juga akan memberikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditunjukkan kepada para nelayan, petani, dan penyedia jasa angkutan barang untuk meminimalisir terjadinya lonjakan akibat kenaikan harga BBM.

"Sesuai instruksi pemerintah pusat, pemerintah daerah boleh menggunakan anggaran dari dana refokusing daerah dalam rangka menekan angka inflasi di daerahnya masing-masing," jelasnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah dapat menganggarkan dua persen dari dana alokasi khusus dan anggaran dari belanja tidak terduga (BTT), untuk penanganan inflasi daerah.

"Untuk menekan inflasi perlu kerjasama dan sinergi semua sektor. Bukan hanya tugas pemerintah saja. Masyarakat juga perlu untuk melakukan pengawasan agar subsidi yang diberikan tepat sasaran," tutupnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru