Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Perkuat Peran Orangtua di Lembaga Pendidikan Anak

  • Oleh Hendri
  • 23 September 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya memperkuat peran orang tua dalam pelaksanaan pendidikan bagi anak. Penguatan ini disebut pendidikan PAUD berbasis Parenting. Langkah awal terkait program ini sudah dilaksanakan sosialisasi kepada orang tua murid, Kamis, 22 September 2022.

"Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Di dalam keluarga anak belajar sejak dalam kandungan hingga perjalanan usia anak memasuki rumah tangga sendiri," kata Ketua TP PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin.

Berkembangnya lembaga PAUD dalam berbagai bentuk layanan PAUD seperti Taman Kanak-Kanak (TK), Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang sesuai tahap perkembangan sejak usia dini.  

"Namun demikian  lembaga  PAUD  yang demikian pesat pertumbuhannya tidak dapat menggantikan peran pendidikan di dalam keluarga. Itu lah kita aktifkan dan kuatkan peran orang dalam lembaga PAUD," ujarnya.

Dia mengatakan keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dilindungi dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bahkan keluarga adalah lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak.

"Kami berharap pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal dengan adanya program PAUD berbasis Parenting," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru