Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ingatkan ASN Jauhi Narkoba

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 September 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat untuk menjauhi narkoba.

“Berdasarkan evaluasi Kejaksaan Negeri Lamandau, perkara narkoba harus menjadi perhatian serius karena tren setiap tahun tidak mengalami penurunan bahkan cenderung meningkat,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Jumat, 23 September 2022.

Berdasarkan kondisi tersebut, terang Hendra, tidak menutup kemungkinan peredaran narkoba bisa merambah ke aparatur di lingkungan Pemkab Lamandau dan bukan hanya di masyarakat. Untuk itu antisipasi perlu dilakukan dengan memperkuat sosialisasi maupun tindakan nyata.

“Nantinya kita melakukan sosialisasi maupun mengambil sampel melalui tes urine untuk mengetahui apakah sudah merambah di lingkungan aparatur Pemkab Lamandau,” paparnya.

Dia menjelaskan sudah cukup lama tidak dilakukan tes urine kepada ASN di lingkungan Pemkab Lamandau. Tentu dalam kegiatan ini nantinya bekerja sama dengan kepolisian dan pihak terkait lainnya.

“Ini untuk berjaga-jaga. Sudah lama kita tidak melakukan tes urine kepada ASN dan kegiatan ini nanti dilakukan secara mendadak,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Lamandau Hendra Atma Jaya usai kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba di Mapolres setempat mengaku setuju dengan gagasan Bupati untuk melaksanakan tes urine kepada ASN.

Dirinya mengungkapkan, sebelumnya sudah beberapa kali dilaksanakan sosialisasi. Terakhir sosialisasi bersama pihak terkait dilaksanakan di Kecamatan Bulik dalam upaya pencegahan.

Berdasarkan jumlah perkara yang masuk, terang Kajari, ada sebanyak 21 perkara kasus narkoba yang ditangani. Narkoba menjadi perkara yang menjadi salah satu perhatian bersama oleh seluruh elemen karena memiliki daya rusak kepada generasi muda. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru