Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMDSos Barito Timur Cermati Realokasi BLT-DD Agar Tepat Sasaran

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 September 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur, Barnusa mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang mencermati realokasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD agar tepat sasaran pada program yang menjadi prioritas.

"Memang sudah menjadi ketentuan nasional bahwa BLT-DD yang harus disalurkan oleh pemerintah desa minimal 40 persen dari nilai Dana Desa (DD) yang diterima. Tetapi setelah dilakukan pendataan di masing-masing wilayah ternyata kita ada penurunan KPM (Keluarga Penerima Manfaat), sehingga anggaran yang 40 persen itu tidak termanfaatkan semua untuk BLT-DD," ungkapnya di Tamiang Layang, Jumat, 23 September 2022.

"Nah itulah yang harus dilakukan realokasi secara terukur," lanjut Barnusa.

Dia menegaskan, sekalipun aturan secara nasional mewajibkan penggunaan anggaran minimal 40 persen untuk BLT-DD, namun pemerintah desa juga tidak bisa memaksakan menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat yang tidak memenuhi kriteria sebagai KPM.

"Jadi kita harus fair (adil). Dana itu akan dilakukan realokasi perhitungan dengan melihat skala prioritas apa yang harus dilakukan dengan menggunakan anggaran hasil realokasi BLT-DD itu," ujarnya.

Menurut Barnusa, realokasi BLT-DD baru mulai dilakukan mulai pada DD tahap 3 tahun 2022 dan masuk dalam APBDes Perubahan Tahun 2022.

Dalam melakukan realokasi BLT-DD, pemerintah desa diarahkan untuk melakukan perankingan dari Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKPDes. Kegiatan yang tertunda karena alokasi 40 persen untuk BLT-DD dikembalikan dan dilaksanakan sesuai dengan skala prioritas.

"Keinginan Pak Bupati hal ini harus dilakukan secara cermat sehingga penggunaan realokasi BLT-DD betul-betul tempat sasaran dan dapat menyelesaikan kegiatan yang tertunda di desa," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru