Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemprov Kalteng Prioritaskan Aspirasi Masyarakat Masuk dalam Program Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 23 September 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Heri Santoso mendorong Pemprov Kalteng agar dapat memprioritaskan aspirasi masyarakat masuk dalam program pembangunan daerah.

Heri mengungkapkan, pada pelaksanaan reses belum lama ini, pihaknya telah banyak menampung usulan atau aspirasi masyarakat. Ia berharap, hal itu bisa menjadi acuan dan dimasukan ke dalam program prioritas yang akan menjadi kegiatan pemerintah daerah kedepan.

"Seperti di Kabupaten Sukamara, masyarakat menyampaikan aspirasi terkait percepatan revisi Perda Nomor 5 Tahun 2015 mengenai RTRWP Kalteng, yang diharapkan revisinya supaya memperhatikan kondisi lapangan sebenarnya dan kepastian hak-hak masyarakat atas pertanahan harus menjadi prioritas utama dalam revisi," ucapnya, Jumat, 23 September 2022.

Selain itu, aspirasi lain yang disampaikan yaitu Pemprov Kalteng diharapkan dapat menangani abrasi pantai yang terjadi di sepanjang garis pantai Lunci di Kabupaten Sukamara sepanjang 4.000 meter. Sebab, tanggul pemecah gelombang yang telah dibangun di beberapa titik pantai tersebut belum mampu mengatasi abrasi pantai yang terjadi.

"Masyarakat menganggap bahwa tanggul pemecah gelombang yang ada belum mampu mengatasi abrasi pantai yang terjadi saat ini, alasannya sangat sedikit volume dan kurang ketinggiannya, sehingga belum efektif berfungsi menahan abrasi," tuturnya.

Pembangunan pada bidang infrastruktur jalan juga diharapkan dapat diperhatikan oleh Pemprov Kalteng, baik itu menuju kawasan pertanian, pendidikan, tempat ibadah dan kawasan wisata serta pembangunan infrastruktur lain khususnya di wilayah Kecamatan Sukamara dan Pantai Lunci.

"Aspirasi-aspirasi itu sangat diharapkan mendapat tindak lanjut dari Pemprov Kalteng, karena memang hal-hal terkait itu sesuai dengan fakta lapangan yang terjadi. Masih banyaj aspirasi lain yang kita terima, tentu kita juga berharap setiap aspirasi itu bisa dijadikan prioritas pembangunan," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru