Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat di Dapil IV Kalteng Harapkan Dukungan Peningkatan Perekonomian

  • Oleh Donny Damara
  • 23 September 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Henry mengatakan saat melaksanakan reses di Dapil IV, ia telah menghimpun aspirasi masyarakat yang mengharapkan dukungan dari pemerintah dalam rangka peningkatan perekonomian.

Seperti di Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara masyarakat di wilayah itu mengharapkan adanya bantuan modal usaha dan pelatihan dari pemerintah guna untuk meningkatkan ekonomi serta meningkatkan kapasitas diri.

"Masyarakat di wilayah tersebut minta supaya diberikan pinjaman lunak sebagai modal usaha mereka dengan proses yang mudah juga angsuran yang tidak besar agar tidak memberatkan masyarakat," ungkapnya, Jumat, 23 September 2022.

Selanjutnya, guna memaksimalkan usaha di bidang peternakan dan oertanian masyarakat juga menginginkan adanya pelatihan peningkatan keterampilan bertani dan beternak sapi, babi, ayam, dan ikan, dengan harapan pabila memiliki kapasitas serta pengetahuan dibidang itu bisa mengahasilkan produksi yang lebih baik.

"Maayarakat ingin penyuluh-penyuluh pertanian yang dulu sempat ada itu bisa diadakan kembali oleh pemerintah untuk memberikan oengetahuan bagi masyarakat di pedesaan, dengan begitu mereka bisa memaksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan pendapatan," jelasnya.

Sosialisasi tetang bahaya narkoba juga luput dari aspirasi masuarakat disana, mereka berharap sosialisasi bisa dengan lebih mendetail dari pemerintah maupun instansi terkait.

Mulai dari apa itu narkoba, bentuk dan jenisnya narkoba untuk pemahaman bagi warga dan ciri-ciri orang yang mengonsumsi narkoba, agar dapat diantisipasi secara dini.

"Untuk usulan lain yang juga perlu perhatian yaitu terkait penambahan insentif untuk damang dan RT/RW, kemudian penambahan tenaga kesehatan terutama bidan desa di puskesmas setempat agar pelayanan kesehatan disana semakin baik," tutupnya. (DONNY D)


TAGS:

Berita Terbaru