Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadapi Inflasi melalui BSU

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 September 2022 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah membuat beberapa program utama untuk mengatasi masalah perekonomian dan gejolak inflasi.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Tengah (Kalteng), Farid Wajdi mengatakan beberapa program tersebut ada bantuan sosial, pelatihan, dan bantuan subsidi upah (BSU) bagi para pekerja.

“Untuk bantuan sosial itu bukan kewenangan kami. Kalau pelatihan untuk mengantisipasi inflasi itu pelatihan yang bersifat padat karya, kami tidak melakukan itu, karena pelatihan yang berkaitan dengan padat karya itu dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Jadi kami saat ini hanya berfokus pada BSU,” ungkapnya Jumat 23 September 2022.

Dalam pelaksanaan program tersebut pihaknya bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Sebagaimana Peraturan Menteri Ketenagakerjaan usulan penerima BSU adalah BPJS Ketenagakerjaan, dengan syarat yang bersangkutan adalah merupakan tenaga kerja yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menuturkan disana peran pihaknya hanya bersifat koordinatif. BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing wilayah mengusulkan data pekerja penerima bantuan yang upahnya dibawah Rp3,5 juta, menjadi peserta BPJS.

“Itu diusulkan ke Kementerian Ketenagakerjaan, jika lolos akan diinformasikan BPJS Ketenagakerjaan setempat dan penyalurannya pun diatur oleh BPJS di masing-masing wilayah,” jelasnya. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru