Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrans Kalteng Berupaya Tingkatkan SDM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 September 2022 - 20:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Terutama untuk menghadapi tantangan yang ada saat ini, termasuk tekanan dengan adanya inflasi. Peningkatan SDM masyarakat ini dilakukan melalui Balai Pelatihan Kerja yang tersebar dibeberapa kabupaten dan kota di Kalteng.

“Karena memang kapasitas kami hanya melatih. Jadi di sana kami mencoba untuk melatih, untuk melatih generasi muda,” tuturnya, Jumat 23 September 2022.

Ia mengatakan ada berbagai macam pelatihan keterampilan yang diajarkan, mulai dari menjahit, servis motor, komputer, kelistrikan, dan lainnya.

Melalui pelatihan tersebut pihaknya tidak hanya menjadikan masyarakat sebagai pekerja, namun bisa menghasilkan SDM terampil yang mampu mengambil peluang untuk membangun usahanya sendiri.

“Di sana tidak hanya diajarkan skill untuk keterampilan bekerja, tapi juga dibekali skill wirausaha,” ungkapnya.

Sehingga peserta tahu bagaimana cara mengelola sebuah usaha, tidak hanya mampu untuk bekerja tapi bisa mengelola bisnis kerjanya sendiri. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru