Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Audit Tinjau Pabrik Minyak PBS Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 23 September 2022 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian  dan Pembangunan Setda Kotim, Alang Arianto mengungkapkan ada 2 tim audit pusat yang melakukan peninjauan dan fokusnya pada pabrik pengolahan CPO di beberapa Perusahaan Besar Sawit (PBS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Menurutnya, sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan audit dilakukan untuk melihat tata-kelola industri minyak goreng dari hulu ke hilir.

Menindaklanjuti intruksi presiden proses audit meliputi pengecekan luas lahan perkebunan sawit, surat izin usaha, status Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Pengelolaan Lahan (HPL). 

"Ada dua tim dari pusat yaitu Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mengaudit tata kelola sawit ditanya perizinan, luasnya PBS sampai peninjauan pabrik, "katanya, Jumat, 23 September 2022.

Salah satu PBS yang dilakukan pengecekan oleh kedua tim ini yakni PT. Sukajadi Sawit Mekar (SSM). Pihak Pemeritah Daerah Kotim dalam hal ini mendampingi tim BPKP dan PPK meninjau pabrik refinery yang merupakan proses pengolahan lanjutan CPO dan pabrik kebun yang menghasilkan CPO di sana.

Dia mengatakan, selain melakukan pendampingan dan memberikan informasi secara faktual kepada tim audit, saat ini pemerintah daerah sedang melengkapi data-data terkait perizinan PBS yang akan diberikan kepada tim audit.

"kita sebagai pemerintah daerah mendampingi, dan melengkapi data perizinan saja yang menentukan titik pantau tim audit sendiri,"

Dia menambahkan, kemungkinan akan ada tindak lanjut dari tim audit terhadap PBS di Kotim dari hasil peninjauan ataupun dari data-data yang sudah dan akan dikumpulkan, namun saat ini belum diketahui pasti waktunya. Intinya tujuan dari tim audit adalah perbaikan tata kelola sawit.

Menurutnya saat ini sawit sedang menjadi primadona terlebih Kotim menjadi sorotan karena memiliki lahan sawit terluas di Indonesia.

"Sejalan dengan intruksi presiden terkait sawit berkelanjutan artinya bagaimana sawit bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitarnya," sebutnya. (NOOR ANNISA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru