Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Diminta Intensifkan Pendampingan Petani Masuk Musim Tanam Okmar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 September 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur Trikorianto meminta penyuluh pertanian sebagai garda depan mengintensifkan pendampingan, bimbingan dan pembinaan kepada petani memasuki musim tanam Oktober - Maret atau Okmar.

"Karena petani adalah ujung tombak pelaksana pertanian sekaligus penentu keberhasilan sektor pertanian," jelas Trikorianto di Tamiang Layang, Senin, 26 September 2022.

Dia menambahkan, dengan pendampingan yang baik maka petani akan melakukan pengolahan lahan dan penanam tepat waktu sehingga target luas tanam yang telah ditentukan dapat tercapai.

"Data awal target luas tanam padi kita 6.000 hektare, sedangkan sebelumnya pada musim tanam Asep (April - September) ditargetkan 5.800 hektare, jadi ada kenaikan sedikit," paparnya.

Menurutnya pertanian harus menjadi gerakan bersama antara petani, penyuluh dan pihak terkait lainnya untuk memperkokoh ketahanan pangan nasional.

Karena itu Trikorianto memastikan semua Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP yang berada di sentra pengembangan padi telah mempersiapkan diri untuk mendampingi petani maupun kelompok tani.

"Mudah-mudahan kesiapan yang jajaran dinas pertanian juga ditunjang oleh ketersediaan pupuk subsidi dari pemerintah dalam jumlah yang cukup dan tepat waktu," (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru