Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Kompor Listrik Harus Dikaji Mendalam Sebelum Diterapkan ke Masyarakat

  • Oleh Nopri
  • 26 September 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat ekonomi, Miar P Bakar menyarankan pemerintah melakukan pengkajian secara mendalam sebelum kebijakan kompor listrik benar-benar diterapkan kepada masyarakat.

"Harus ada pengkajian yang matang. Jangan sampai, rencana penggunaan kompor listrik ini menjadi polemik, yang dapat memunculkan permasalahan baru di kemudian hari," katanya, Senin, 26 September 2022.

Penerapan teknologi dalam kehidupan masyarakat termasuk penggunaan kompor listrik, harus diimbangi dengan kesiapan infrastruktur kelistrikan yang memadai. Pemerintah harus dapat memastikan bahwa akses listrik telah sampai hingga wilayah pelosok.

"Ada baiknya pemerintah melihat terlebih dahulu kesiapan infrastruktur jaringan listrik terutama di desa-desa terpencil. Jangan tergesa-gesa dalam menentukan sikap, disaat sarana dan prasarananya belum mendukung," jelasnya.

Selain kesiapan infrastruktur listrik, pemerintah juga harus melihat faktor kesiapan dan kondisi ekonomi masyarakat. Jangan sampai, kebijakan tersebut makin memberatkan terkhusus bagi golongan menengah ke bawah.

"Jika memang diterapkan pemerintah harus juga melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman secara detail kepada masyarakat. Jangan sampai terjadi miskomunikasi dan polemik di masyarakat," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru