Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan PTSL, Ini Langkah Kanwil BPN Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 September 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalteng berusaha mengoptimalkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Kalteng, Elijas mengatakan pihaknya telah melakukan identifikasi terkait pelaksanaan PTSL yang ada di Kalteng.

Ia mengakui dalam pelaksanaan program PTSL tidak bisa dilakukan hanya dengan kewenangan dari ATR-BPN. Pihaknya memerlukan dukungan dari stakeholder pemerintah daerah.

“Tidak bisa hanya dari aparat kami, dukungan stakeholder terkait diperlukan baik pemerintah kecamatan, kelurahan maupun desa, juga dukungan dari masyarakat pemilik tanah,” ungkapnya.

Elijas mengatakan kedepan BPN akan mencoba untuk melakukan penguatan sosialisasi ke masyarakat. Ia meyakini tanpa dukungan dari masyarakat dan aparat kewilayahan di daerah program tidak akan berjalan dengan baik.

“Tetap harus subjek tanahnya yang menunjukan, yakni pemilik tanah. Tugas kita mekanisme penetapan (kepemilikan) dari subjek atau orangnya dan objek atau tanahnya dan itu harus mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah,” tegasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru