Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 6 Panduan WHO Tangani Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 September 2022 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah mengeluarkan 6 kertas kebijakan atau policy briefs yang didasarkan pada panduan teknis yang diterbitkan WHO.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan Panduan pertama, adalah tes Covid-19.

WHO meminta setiap negara untuk tetap menawarkan tes Covid-19 dengan tujuan mengurangi morbiditas dan mortalitas agar pasien cepat dirawat dan diobati.

“Testing terhadap mereka yang berisiko tinggi tetap dianjurkan dan dilanjutkan dengan isolasi jika positif,” katanya.

Pedoman kedua, yakni penatalaksanaan klinis Covid-19, dimana setiap negara diminta untuk mengintegrasikan jalur perawatan klinis Covid-19 ke dalam sistem kesehatan primer, memastikan orang yang positif segera terhubung dalam jalur perawatan klinis.

Ketiga, mencapai Target vaksinasi Covid-19, dimana capaian vaksinasi 100 persen untuk tenaga kesehatan dan lebih dari 70 persen untuk kelompok rentan.

Keempat, melaksanakan upaya pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan dengan memperbarui setiap kebijakan Covid-19.

“Untuk panduan kelima, yaitu membangun kepercayaan melalui komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat,” ungkapnya.

Panduan terakhir, yakni menangani infodemik Covid-19. WHO menyarankan agar dibentuk satgas infodemik untuk meningkatkan wawasan bahaya infodemik, merespon cepat hoaks untuk memastikan fungsi ini terkait dan selaras dengan komunikasi risiko dan upaya keterlibatan masyarakat.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Senin 26 September 2022 kasus konfirmasi Covid-19 bertambah tiga kasus, diantaranya Kapuas dua kasus, dan Palangka Raya satu kasus. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru