Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Organisasi LGBT dan Mamut Menteng Tak Terdaftar di Kesbangpol Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 27 September 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya menyatakan sikap atas beredarnya undangan pertemuan yang diedarkan komunitas LGBT dan Solidaritas Perempuan Mamut Menteng.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Palangka Raya, Fauzi Rahman menegaskan kedua organisasi atau komunitas tersebut tidak terdaftar. Bahkan Kesbangpol tidak pernah menerima surat pemberitahuan terkait pertemuan yang disebutkan pada 26-27 September ini.

"Dari data yang kami punya tidak ada komunitas atau organisasi dengan nama tersebut," katanya, Selasa 27 September 2022.

Fauzi mengatakan, suatu organisasi dapat didaftarkan apabila memenuhi sejumlah syarat sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan. Selain itu organisasi juga tidak boleh menyimpang dari ajaran agama maupun adat istiadat masyarakat setempat.

Dia mengatakan, untuk pengawasan terhadap ormas sudah dibentuk tim terpadu pengawas ormas yang terdiri atas Kesbangpol, TNI-Polri, Kejaksaan Negeri dan Kementerian agama untuk mendata mengawasi dan membina.

Sementara itu dalam undangan yang beredar kedua organisasi tersebut menyatakan diri sebagai kaum minoritas yang dipinggirkan lantaran identitas gendernya yang dianggap menyimpang. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru