Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA SKW II Pangkalan Bun Mulai Pasang Perangkap untuk Evakuasi Buaya dari Pemukiman Warga

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 September 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai kemunculan buaya di pemukiman penduduk Desa Kumpai Batu Bawah yang terendam banjir, BKSDA Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai melakukan pemasangan perangkap agar satwa predator tersebut bisa dievakuasi.

Staf BKSDA SKW II Pangkalan Bun Muda Yulivan, Rabu, 28 September 2022 mengatakan tehnik yang digunakan untuk menangkap buaya di pemukiman penduduk tersebut menggunakan pancing dan penjerat.

"Karena lokasi kemunculan buaya berada di belakang rumah warga dekat kandang ayam yang kebetulan saat ini sedang terendam banjir. Jadi lebih efektif digunakan tehnik ini dibanding memakai perangkap kandang besi," jelas Muda Yulivan.

Karena, menurut Muda Yulivan, perangkap kandang besi biasanya digunakan untuk menangkap buaya di kawasan sungai yang dekat pemukiman warga.

"Upaya penangkapan buaya tersebut, kami juga didukung oleh warga setempat yang sejak 3 belakangan setiap malam mereka melakukan patroli untuk mengamankan satwa peliharaannya," jelas Muda Yulivan.

Dari laporan warga yang melaksanakan patroli, lanjut Muda Yulivan, terkadang mereka menjumpai buaya tersebut.

"Namun warga tidak mengetahui dengan jelas berapa panjangnya karena begitu terkena lampu senter buaya masuk ke air dan pergi menjauh," jelas Muda Yulivan.(WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru