Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Media Berperan Penting Tangkal Hoaks dan SARA

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 September 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng), Satriadi menilai media memiliki peran penting dalam melawan isu hoaks dan sara.

Media perlu berlomba dan beradu cepat untuk mengimbangi cepatnya informasi dari media sosial yang minim koreksi dan bahkan sering kali terindikasi sara dan hoaks.

"Media sosial ini kadang-kadang keakuratan beritanya belum tentu benar. Ini juga sebagai upaya kita untuk mencegah dan menangkal informasi yang bersifat sara dan isu-isu hoaks," katanya di Hotel Aquarius, Kamis 29 September 2022.

Pasalnya, dengan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Bawaslu Kalteng saat ini, dinilai tidak dapat menyampaikan informasi terkait proses pemilu 2024 kepada masyarakat dengan optimal.

Dengan partisipasi dari media, diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengetahui informasi tentang Pemilu yang berimbas pada meningkatnya partisipasi masyarakat.

Partisipasi tersebut baik dengan terlibat langsung dalam proses demokrasi, ataupun partisipasi dengan saling mengawasi proses pelaksanaan demokrasi.

"Output-nya, yakni demokrasi kita di Kalteng akan semakin berkualitas. Sehingga hak dan suara masyarakat tersampaikan dan tersalurkan," ucapnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru