Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Hari, Lima Kejadian Karhutla Terjadi di Palangka Raya

  • Oleh Nopri
  • 29 September 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kota Palangka Raya saat ini mulai marak terjadi. Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah mencatat, dalam tiga hari terakhir, telah terjadi lima kejadian karhutla.

"Dalam rentan waktu tanggal 25-27 September 2022 kemarin, sudah ada lima kejadian karhutla yang terjadi dan telah kita tangani," kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Supian, Kamis, 29 September 2022.

Dia mengatakan, pada 25 September 2022, karhutla terjadi di dua lokasi berbeda di Kota Palangka Raya, yakni Jalan Hampapak Rindu dengan total lahan terbakar satu hektare dan Jalan Ketimpun Permai dengan 0,5 hektare.

"Sedangkan tanggal 26 September 2022, kami juga menangani kejadian karhutla di Jalan Yos Sudarso, dengan total lahan terbakar 0,05 hektare," ungkapnya.

Selanjutnya, tanggal 27 September 2022, petugas pemadam kebakaran Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah menangani kejadian karhutla di Jalan Viktoria dengan luas lahan terbakar 0,47 hektar dan Jalan Sinar Kahayan dengan luas 11,4 hektare.

"Sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan terkait dengan maraknya kejadian karhutla. Dugaan sementara lahan sengaja dibakar untuk kegiatan pembukaan lahan," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru