Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim: TNI Berperan Aktif Percepat Penurunan Stunting

  • Oleh Hendri
  • 29 September 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kodim 1016 Palangka Raya melaksanakan pelayanan KB serentak TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) dalam Program Bangga Kencana Terpadu.

Acara berlangsung di Gedung Instalasi Kesehatan Reproduksi (IKR) Rumah Sakit Doris Sylvanus, Jalan Tambun Bungai, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kamis, 29 September 2022.

Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan mengatakan, TNI ikut berperan aktif dalam mempercepat penurunan stunting di tiap wilayah teritorialnya, sehingga bisa mendorong masyarakat untuk mengikuti program Bangga Kencana, baik menjadi akseptor KB maupun berpartisipasi aktif dalam upaya pembangunan keluarga.

Selain itu. Dandim berharap bisa berkoordinasi dengan pengelola Bangga Kencana di berbagai tingkatan wilayah, termasuk dengan Penyuluh KB agar tercipta kerja sama yang baik hingga di lini lapangan.

Untuk menyukseskan program tersebut, Babinsa yang ada di setiap pedesaan harus lebih aktif lagi dalam mengampanyekan program Bangga Kencana Kesehatan, termasuk langkah-langkah penanganan stunting.

"Babinsa itu menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kita benar-benar mengoptimalkan peran Babinsa di wilayah,” kata Dandim.


Program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu ini adalah program lintas sektoral yang merupakan salah satu wujud kepedulian TNI, bersama instansi-instansi terkait serta seluruh komponen bangsa di daerah khususnya BKKBN, dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat.

"TNI, khususnya Kodim 1016 Palangka Raya senantiasa bertekad untuk melaksanakan program kemanunggalan ini secara sistematis, sinergis dan berkesinambungan serta dapat terkoordinasi secara baik dengan BKKBN," ujarnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru