Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Komitmen Dukung Program Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 September 2022 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran mengaku berkomitmen, dalam mendukung industri sawit berkelanjutan.

Ia menyampaikan, kondisi kelapa sawit di Kalteng berdasarkan data perizinan Perusahaan Besar Swasta (PBS) berjumlah 300 unit dengan luas 3,2 juta hektar.

"Namun PBS yang sudah operasional sebanyak 198 unit dengan luas 2,3 juta hektar dan PBS yang belum operasional 102 unit dengan luas 941.690 hektar," kata Sugianto.

Lebih lanjut, disampaikan, data produksi tahun 2021 yakni produksi CPO (Crude Palm Oil) berjumlah 6,5 juta ton, produksi kernel 1,3 juta ton dan Produksi PKO (Palm Kernel Oil) 146.429 ton.

Sugianto mengharapkan, adanya kesepahaman bersama antara pemerintah pusat dan daerah mengenai usulan provinsi penghasil sawit terhadap Dana Bagi Hasil (DBH) sawit.

 

Hal itu mempertimbangkan Kalteng sebagai provinsi penghasil sawit yang juga membutuhkan peningkatan aspek kesehatan, pendidikan dan aspek infrastruktur. Semua itu, tambah dia, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan secara mendasar, seluruh kekayaan alam kiranya dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru