Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjaga Keperkasaan Pertanian, Melanjutkan Swasembada Beras

  • Oleh Penulis Opini
  • 01 Oktober 2022 - 12:10 WIB

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan kerap kali menyatakan betapa perkasanya sektor pertanian Indonesia.

Pernyataan Menteri Pertanian itu tentu bukan tanpa alasan. Berkaca selama masa pandemi COVID-19, itu cukup argumentatif bila dikatakan pertanian itu perkasa.

Ketika dampak COVID-19 menyergap hampir seluruh sektor pembangunan yang sifatnya strategis sehingga tumbuh negatif, sektor pertanian dan industri digital tetap mampu bertahan bahkan masih tumbuh positif.

Fakta ini menunjukkan sektor pertanian ternyata masih bisa ajek tumbuh meski menghadapi bencana dan tragedi kemanusiaan yang menyebabkan banyak nyawa manusia melayang itu.

Selama masa pagebluk itu, sektor pertanian betul-betul menjadi salah satu sektor penyelamat perekonomian bangsa. Jadi, wajar jika banyak pihak yang berpandangan sektor pertanian adalah tulang punggung perekonomian bangsa.

Yang perlu menjadi permenungan bersama, tentu bukan sekadar berbangga diri atas keperkasaan sektor pertanian. Namun yang lebih utama untuk dilakukan adalah bagaimana kemampuan bangsa ini untuk menjaga dan memelihara keperkasaan itu sendiri. Langkah pelestarian keperkasaan inilah yang lebih penting diprioritaskan.

Membahas keperkasaan pertanian, jelas tidak mungkin lepas kaitannya dengan petani selaku produsen komoditas pertanian. Kiprah petani jadi kata kunci keperkasaan tersebut.

Tanpa petani, tidak mungkin pertanian bakalan maju, apalagi perkasa. Para petani inilah yang berjuang keras menghasilkan produksi pertanian menuju swasembada.

Keperkasaan pertanian bukan hanya diukur oleh kemampuannya bertumbuh positif di saat adanya serangan COVID-19, tapi juga dibuktikan oleh kemampuan bangsa Indonesia berswasembada beras sepanjang 2019-2021.

Prestasi ini benar-benar membanggakan dan patut diukir dalam sejarah pembangunan pertanian di negeri ini.

Berita Terbaru