Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Pemerataan Layanan Rumah Sakit

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Oktober 2022 - 06:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng mengakui masih banyak rumah sakit yang belum mampu memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara optimal.

“Berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini salah satunya disebabkan karena belum meratanya pelayanan kesehatan di Indonesia,” kata Suyuti Syamsul.

Ia menyampaikan belum meratanya layanan ditengarai karena adanya distribusi sumber daya manusia yang tidak merata, ketersediaan jumlah tenaga yang terbatas, dan sarana prasarana dan peralatan kesehatan yang terbatas. “Di mana tiga hal ini yang mempengaruhi pelayanan kesehatan di rumah sakit,” sebut dia.

Suyuti menyampaikan penyakit dengan masalah kesehatan terbesar di dunia, penyebab mortilitas, morbilitas yang tinggi dan beban pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sangat besar.

Khususnya pada sembilan jenis layanan prioritas kesehatan antara lain jantung, kanker, stroke, kesehatan ibu dan anak, diabetes mellitus, uronefrologi, gastrohepatologi, tuberkulosis, penyakit infeksi emerging (PIE). (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru