Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Terbitkan EUA Vaksin Produksi Dalam Negeri

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Oktober 2022 - 06:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Alternatif vaksin Covid-19 kian bertambah setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 24 September 2022.

BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat (UEA) untuk vaksin Covid-19 produksi dalam negeri mulai dari proses hulu hingga hilir, yaitu Vaksin Indovac.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, Vaksin Indovac dengan kandungan zat aktif rekombinan Receptor-Binding Domain (RBD) protein S virus SARS-Cov-2.

Indovac merupakan vaksin Covid-19 dengan platform rekombinan protein subunit yang dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat.

“Vaksin Indovac ini adalah vaksin yang merupakan pengembangan dalam negeri. Vaksin ini pun telah mendapatkan fatwa halal dari MUI dan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH),” kata Penny.

Sementara itu Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Minggu 2 November 2022 kasus konfirmasi Covid-19 bertambah satu kasus dari Barito Utara.

Pasien sembuh bertambah empat orang, yakni Katingan dua orang, Kotawaringin Barat satu orang, dan Kotawaringin Timur satu orang. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru