Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Upaya Pesiapan Apbila Terjadinya Bencana

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Oktober 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dengan adanya apel kesiapan dalam pergelaran sarpras penanggulangan bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) di Kabupaten Sukamara upaya persiapan apabila terjadi bencana yang tidak diduga.

"Apel kesiapan ini diharapkan adanya kekuatan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung dalam penanggulangan bencana alam, sehingga siap untuk diperjuangkan ke lapangan ketika musibah itu benar-benar terjadi," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio pada apel gelar pasukan Operasi Zebra Telabang 2022 dan pergelaran sarpras penanggulangan bencana alam karhutla, Senin, 3 Oktober 2022.

"Namun demikian kita semua wajib memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar musibah bencana alam tidak terjadi di Kabupaten Sukamara, kita harus sadar bahwa bencana bisa datang kapanpun dan dimanapun," tambahnya.

Untuk menghadapi tantangan tugas penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sukamara tahun ini, Windu menekankan agar disiapkannya mental dan fisik yang dilandasi dengan komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Sukamara.

"Tingkatkan dan mantapkan kemampuan serta keterampilan teknis bagi setiap personil yang ditugaskan dalam penanggulangan bencana, sehingga mampu mengatasi kendala yang dihadapi dalam menyelamatkan warga masyarakat yang menjadi korban bencana," ucapnya.

Hindari timbulnya ego sektoral lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganan musibah bencana serta tingkatkan koordinasi dan kerjasama yang sinergitas dalam mengatasi persoalan yang timbul di lapangan.

"Jaga komitmen dan lakukan tindakan secara profesional dalam penanganan bencana, dengan prioritas menyelamatkan korban yang terdampak bencana," pesannya.

Tumbuhkan partisipasi dalam segenap potensi masyarakat untuk ikut berperan secara aktif dalam membantu penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru