Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasi Zebra Telabang Dimulai, Polres Barito Timur Adakan Apel Gelar Pasukan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Oktober 2022 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Polres Barito Timur memulai Operasi Zebra Telabang dengan ditandai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Telabang yang diikuti oleh personel TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Barito Timur, Senin, 3 Oktober 2022.

Saat membacakan sambutan Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengatakan, permasalahan di bidang lalu lintas saat ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

"Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman dengan cukup menggunakan handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas (Polisi Lalu Lintas) sehingga mampu mengatasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut," ujarnya.

Polantas, lanjut dia, harus terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Polri diharapkan mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), tingkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

"Keempat hal tersebut memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak," lanjut Kapolres.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan merupakan sesuatu yang utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

"Keselamatan dalam berlalu lintas masih sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting, hal itu dapat dilihat dari masih rendahnya kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya," ujar Kapolres.

Operasi Zebra Telabang 2022 akan dilaksanakan selama 14 hari yakni tanggal 3-16 Oktober 2022. Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Telabang 2022 juga dihadiri oleh Plt Kasatpol PP Barito Timur, Danramil Tamiang Layang, Kabid Prasarana Dishub serta Perwakilan Jasa Raharja. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru