Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 7 Sasaran Penindakan pada Operasi Zebra Telabang 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Oktober 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengungkapkan, terdapat 7 jenis pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak dalam Operasi Zebra Telabang yang dilaksanakan tanggal 3-16 Oktober 2022 dan melibatkan personel Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Hal itu disampaikan Kapolres saat membacakan sambutan Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Telabang di Halaman Mapolres Barito Timur, Senin, 3 Oktober 2022.

"Polri telah menetapkan kalender Operasi Zebra yang setiap tahun rutin dilaksanakan. Operasi Zebra Tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 Hari yang dimulai dari tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2022 secara serentak di seluruh Indonesia dengan 7 Sasaran pelanggaran," ujar Kapolres.

Pelanggaran yang dimaksud yakni pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, mengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kemudian pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh alkohol, pengemudi atau pengendara yang melawan arus serta pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

"Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalu lintas tersebut di atas maka diharapkan Operasi Zebra tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Kelancaran dan Ketertiban Berlalu Lintas)," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga mengingatkan kepada personel yang akan bertugas dalam Operasi Zebra Telabang 2022 agar memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas dan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan memedomani standar operasional prosedur yang ada.

"Dalam pelaksanaan Operasi Zebra agar tetap melakukan tindakan yang simpatik dan humanis serta tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan tugas Operasi Zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru