Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjaga Kebersihan Lingkungan Upaya Mencegah DBD

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 03 Oktober 2022 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyakit  Demam Berdarah Dengue atau DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan,  dr Bahrun Abbas mengingatkan kepada masyarakat,  agar waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk  Aedes aegypti.

“ Untuk mencegah hal itu,  kami mengharapkan agar masyarakat dapat lebih memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal,“ kata Abbas, Senin, 3 Oktober 2022.

Memperhatikan kebersihan lingkungan, sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran DBD secara dini,  dengan menjaga lingkungan sekitar agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti. 

"Selalu menjaga kebersihan lingkungan, apalagi kondisi saat ini sudah mulai  musim hujan,"  ungkapnya.

Selain itu, masyarakat diminta  untuk menggalakkan gerakan 3M plus yaitu mengubur, menguras, menutup yang dapat menjadi  jentik nyamuk  berkembang biak.  

Termasuk melipat baju-baju yang digantung, pot-pot bunga yang ada airnya juga dapat  menjadi sarang nyamuk.

“Tidak kalah penting, jika ada anggota keluarga dengan gejala  panas mendadak, segera di periksa di fasilitas  layanan kesehatan terdekat, dengan pertolongan yang cepat diharapkan bisa tertangani dengan baik,” tandasnya. (FAHRUL/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru