Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Beri Bantuan Puluhan Juta pada Desa Kinerja Terbaik Tahun 2022

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Oktober 2022 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memotivasi desa atau kelurahan agar berupaya melaksanakan tugasnya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), memberikan penghargaan kepada desa yang memiliki kinerja terbaik pada tahun 2022.

Pemberian penghargaan juga dibarengi dengan pemberian bantuan keuangan khusus sebagai bentuk penghargaan kepada desa, kelurahan tersebut. Penyerahan penghargaan dirangkai dalam acara peringatan HUT Kobar yang ke-63 di halaman kantor Bupati Kobar pada Senin, 3 Oktober 2022.

Disampaikan oleh Kepala DPMD Kobar Yudhi Hudaya, bahwa ada beberapa kategori penghargaan dan bantuan uang puluhan juta rupiah yang diberikan kepada desa kelurahan yang memiliki kinerja terbaik dan pemenang lomba tahun 2022.

"Pemberian penghargaan dan dana tersebut, untuk memotivasi desa atau kelurahan, agar berupaya maksimal melaksanakan tugasnya berupa penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat," kata Yudhi kepada Borneonews.

Adapun desa peraih penghargaan dengan kategori kinerja terbaik, juara 1 yaitu Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama dan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 65 juta. Juara II Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, mendapat hadiah Rp 60 juta dan Juara III, Desa Lada Mandala Jaya, Pangkalan Lada mendapat uang tunai sebesar Rp 50 juta.

Kemudian, untuk juara tingkat kelurahan, juara 1 diraih oleh Kelurahan Kotawaringin Hulu, dan mendapat uang tunai sebesar Rp 65 juta, dan juara II Kelurahan Kumai Hulu, dengan uang tunai sebesar Rp 60 juta.

Selanjutanya, ada 10 desa penerima penghargaan kategori Status Perkembangan Desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022, masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp 30 juta dan piagam penghargaan, di antaranya Desa Lada Mandala Jaya, Kumpai Batu Atas, Pasir Panjang, Natai Raya, Pangkalan Dewa, Pandau Sanjaya, Sungai Rangit Jaya, Pangkalan Satu, Medang Sari dan Natai Baru.

Prestasi membanggakan diperoleh Kabupaten Kotawaringin Barat, bahwa pada tahun 2022 ini, Kobar menempati ranking ke-17 dari 434 kabupaten/kota se Indonesia, dalam Indeks Desa Membangun (IDM) yang ditetapkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Nilai Rata-Rata IDM 0,8238, dengan status mandiri dan merupakan satu-satunya kabupaten di Kalteng dengan status mandiri.

"Dari 87 Desa Mandiri di Provinsi Kalteng yang 34 ada di Kobar. Tahun 2022 ini di Kobar status desa berdasarkan IDM adalah 34 Mandiri, 46 Maju dan 1 Berkembang, sehingga sudah tidak ada yang tertinggal maupun sangat tertinggal," jelasnya.

Kemudian, 10 desa kategori Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Terbaik Tahun 2022, menerima masing-masing Rp 30 juta dan piagam penghargaan, meliputi Desa Sido Mulyo, Pangkalan Durin, Arga Mulya, Sukajaya, Sumber Agung, Sungai Melawen, Keraya, Kubu, Amin Jaya dan Rangda.

Adapun parameter penilaian yang digunakan adalah penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan pemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat seperti pemberdayaan lembaga kemasyarakatan, ekonomi, inovasi, perencanaan, pengelolaan keuangan desa, pelaporan serta pertanggungjawaban.

"Semua dana yang digunakan bersumber dari APBD, semoga hal ini menjadi motivasi para Pemdes dan kelurahan di Kobar, untuk meningkatkan daya saing dalam memajukan desanya," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru