Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Harapkan Masyarakat Bisa Sikapi Permasalahan Banjir

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Oktober 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengharapkan agar masyarakat bisa menyikapi permasalahan banjir yang terjadi saat ini, dimana musibah tersebut terjadi hampir setiap tahun. 

"Jadi intinya dalam hal ini saya meminta dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bagaimana menyikapai kejadian yang sudah bertahun-tahun," kata Windu Subagio saat diwawancara, Selasa, 4 Oktober 2022.

Langkah yang bisa diambil masyarakat bantaran Sungai Jelai yang rumahnya selalu terendam banjir adalah dengan meninggikan rumahnya, atau pindak kelokasi lain yang aman dari banjir.

"Ini sudah saya sampaikan sebelumnya,  langkah-langkahnya antara lain untuk bagian-bagian yang banjir ini apakah rumahhnya ditinggikan atau mencari lokasi lain," ujarnya.

Windu menerangkan banjir yang terjadi saat ini menang karena naiknya air Sungai Jelai yang disebabkan tingginya curah hujan.

Jadi untuk mengantisipasi atau mengatasi permasalahn banjir tersebut memang cukup sulit, karena tingginya air yang membanjiri rumah warga sama dengan tingginya air yang ada di sungai.

"Jadi air yang merendami lokasi pemungkiman masyarakat itu levelnya sama dengan air sungai, jadi tidak mungkin kita sedot, kita buang dan segalam macam, terkecuali untuk air yang terkepung mungkin bisa kita salurkan," tuturnya 

Windu juga menerangkan upaya yang dilakukan dalam menangani banjir rob yang terjadi di Desa Sungai Baru, Kecamatan Pantai Lunci bisa dilakukan dengan pemindahan permungkinan.

"Mungkin ke depan bisa kita geser, karena belum banyak juga penduduknya," ucap Windu Subagio. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru