Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Gelontorkan Rp 4 Miliar Tekan Inflasi

  • Oleh Hendri
  • 04 Oktober 2022 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya menggelontorkan anggaran sebesar Rp4 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk menekan laju inflasi. Hal ini disampaikan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Selasa 4 Oktober 2022.

"Salah satunya dengan menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial sebesar 2 persen. Anggaran ini bersumber dari Dana Transfer Umum (DTU) yang terdiri atas Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH)," katanya, Selasa 4 Oktober 2022.

Adapun belanja wajib perlindungan sosial ini dipergunakan untuk pemberian bantuan sosial termasuk kepada ojek, UMKM, dan nelayan. Kedua, penciptaan lapangan kerja dan pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah.

"Anggaran DTU yang sudah disepakati bersama lembaga legislatif sebagai bantalan sosial sekitar Rp4 miliar. Penyalurannya mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 134/Pmk.07/2022," jelasnya.

Nantinya direalisasikan dalam program yang terdiri atas program bantuan sosial dan jaminan sosial terpadu berbasis rumah tangga, keluarga atau individu.

Kemudian program pemberdayaan masyarakat dan penguatan pelaku usaha mikro dan kecil maupun program lainnya yang secara langsung dan tidak langsung.

"Operasi pasar murah juga termasuk dalam upaya kita menekan inflasi ini. Sampai sekarang totalnya 7 ribu paket yang disalurkan di beberapa kelurahan. Setiap paket ada subsidi sebesar Rp42 ribu," pungkasnya.(HENDRI/B-6)

Berita Terbaru