Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 24 Jam, Pasokan Listrik ke Sebagian Barito Timur Belum Normal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Oktober 2022 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gangguan distribusi listrik yang terjadi sejak Senin sore, 3 Oktober 2022 pada wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, hingga lebih dari 24 jam belum sepenuhnya dapat diatasi oleh PT PLN (Persero).

Akibatnya hingga kini pasokan listrik di sebagian wilayah Barito Timur belum stabil. PLN terus melakukan pemadaman berulang tanpa alasan yang jelas. Sehingga berdampak pada aktivitas masyarakat yang terganggu.

Di media sosial ramai keluhan masyarakat yang merasa dirugikan dengan kondisi tersebut, namun sejak kemarin PLN belum lagi memperbaharui pengumuman terkait penyebab gangguan distribusi listrik tersebut.

Pada pengumuman yang dikeluarkan oleh PLN Unit Layanan Pelanggan atau ULP Tamiang Layang pada Senin kemarin menyebutkan, gangguan jaringan listrik mulai terjadi sekitar pukul 16.56 WITA.

"Kami sampaikan informasi bahwa pada pukul 15:56
WITA telah terjadi gangguan sistem kelistrikan pada Gardu Induk (GI) Amuntai Jaringan Tegangan Menengah (JTM) mengakibatkan terganggunya suplai listrik pada sebagian wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan dan Tengah. Secara bertahap PLN saat ini dalam tahap penelusuran gangguan," bunyi pengumuman dari PLN.

PLN juga menyampaikan penyesalan atas kejadian tidak terduga ini sehingga mengakibatkan aktivitas.

Saat itu Manajer PT PLN ULP Tamiang Layang, Pandu Andoka yang dikonfirmasi melalui pesan tertulis, menyebutkan indikasi gangguan dari GI Amuntai hingga Kalua, namun masih dalam proses pengecekan.

Saat dihubungi kembali sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa, 4 Oktober 2022, Pandu mengatakan, penyebab pasti gangguan jaringan PLN masih belum ditemukan.

"Tim masih pengecekan dan ada beberapa titik yang dicurigai. Sementara suplai ke Tamiang yang biasanya dari Amuntai kami pindah ke Ampah," jelasnya.

Meski Pandu mengatakan suplai untuk Tamiang Layang diambil dari Ampah, namun hingga berita ini dikirim ke redaksi listrik di Kota Tamiang Layang masih padam. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru