Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perilaku Orangtua Negatif Picu Anak Berperilaku Menyimpang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2022 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peran orangtua dan lingkungan sangat besar dalam menentukan perilaku seorang anak. Karena, jika hal negatif keluar dan nampak terlihat oleh anak, maka imbasnya bisa memicu anak melakukan perilaku menyimpang. 

Hal tersebut disampaikan seorang pegawai Puskemas Baamang I dr Endah, dirinya menyebutkan bahwa anak broken home bisa terjerumus ke dalam lembah kaum Lesbi, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). 

"Perilaku dan pendidikan orangtua di berpengaruh besar terhadap perilaku anak. Jangan sampai hal negatif terlihat oleh anak. Karena dampaknya sangat besar terhadap tumbuh kembangnya seorang anak," ujar Endah. 

Dirinya juga menyebutkan bahwa anak harus diberikan pembelajaran yang baik sejak dini. Misalnya anak laki-laki lebih dekat dengan ibunya. Sedangkan anak perempuan lebih dekat dengan sang ayah. 

Selain itu, anak laki-laki juga harus diberikan mainan mobil-mobilan, robot-robotan, bola dan lain sebagainya. Jangan sampai anak laki-laki malah diberikan boneka atau layaknya mainan perempuan. 

"Dengan pembelajaran itu, setidaknya sudah sebuah langkah untuk menghindari anak-anak kita terjerumus ke kaum LGBT," kata Endah. 

Dirinya juga menyebutkan bahwa aksi kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan seorang suami terhadap istrinya juga bisa berpengaruh terhadap perilaku anak perempuan. 

"Bisa saja karena sering melihat ibunya dipukuli, membuat anak perempuan benci terhadap laki-laki. Sehingga ia lebih memilih berpasangan sesama jenis," terang Endah. 

Dirinya juga meminta kepada orangrua agar mendidik anak-anaknya dengan ilmu agama. Sehingga, bisa menjadi pegangan hidupnya dan melindungi dirinya dari perilaku menyimpang tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru