Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FGD Jadi Wadah Membangun Citra Museum

  • Oleh M Andhika
  • 04 Oktober 2022 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Ellena Rosie mengatakan, Forum Group Discussion (FGD) dimaksudkan untuk menjadi wadah membangun citra museum demi mendukung program Kotim sebagai tujuan wisata. 

"Dalam rangka mendukung program pemerintah daerah menjadikan Kabupaten Kotim sebagai tujuan wisata, sesuai dengan peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2015," ujarnya saat sambutan pada acara FGD tersebut, Selasa, 4 Oktober 2022. 

Ellena juga menyampaikan, kegiatan FGD tersebut sekaligus dalam rangka Hari Museum Indonesia yang bertepatan pada tanggal 12 Oktober. 

Menurutnya, dengan adanya FGD ini, pemerintah daerah dan narasumber bersama-sama mencoba memetakan permasalahan dari potensi museum yang ada, juga menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan gagasan atau ide kreatif tentang bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pengembangan museum. 

"Dengan FGD ini, diharapkan dapat menghasilkan kajian tentang pengelolaan museum untuk membangun citra museum, dalam hal ini mampu mengundang pengunjung, memberikan atraksi menarik, memberi wawasan dan juga rekreasi pengetahuan," cestusnya. 

Ellena juga berharap, dari forum diskusi ini, dapat meningkatkan pelayanan dan tingkat kelas untuk museum Kayu Sampit. Serta para peserta diharapkan memberikan saran dan ide untuk strategi pengembangan Museum kedepannya.

"Di museum nantinya bukan hanya kita melihat benda-benda yang lama, tetapi kita juga akan membuat pola nilai pariwisata. Kedepannya mungkin halaman Museum Kayu akan kita masukan cafe ataupun makanan, hal tersebut dilakukan agar masyarakat datang berkunjung ke museum Kayu sambil menikmati nuansa di sana," tutupnya. (M ANDHIKA/B-7)

Berita Terbaru