Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Terjadi di Tumbang Samba Rendam 314 Rumai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Oktober 2022 - 17:29 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bencana banjir akibat luapan Sungai Samba dan Sungai Katingan kembali terjadi di Tumbang Samba ibukota Kecamatan Katingan Tengah,  Kabupaten Katingan,  Rabu,  5 Oktober 2022.

Camat Katingan Tengah, Yoby Sandra mengaku jika banjir di wilayahnya sudah terjadi sejak dua hari lalu. 

Camat mengatakan misalnya banjir di Desa  Samba Bakumpai, wilayah terendam mencakup Jalan Desa Samba Bakumpai RT 1-6 dengan ketinggian banjir 10-50 centimeter.

Kemudian Jalan H Ikap RT 2-7 ketinggian banjir 5-30 centimeter, Gang.Langgar RT 8 ketinggian banjir 50 centimeter, Jl.Lintas Kabupaten RT 1-6 ketinggian banjir 15-60 centimeter. 

Kemudian fasilitas umum seperti masjid atau musola  terdampak banjir sebanyak 5 buah, sekolah 5 buah (TK, SDN, SLTP dan SLTA).

Lainnya pustu, polindes, balai desa, dan perpustakaan desa. Sememtara rumah warga yang terendam sebanyak 314 buah atau sebanyak 582 kepala keluarga.

"Aktifitas masyarakat berjalan normal, namun akses masuk dan keluar desa mengalami kesulitan karena air sudah masuk ke dalam jalan dengan ketinggian mencapai sekitar 50 centimeter, " kata Camat Katingan Tengah,  Yoby Sandra. 

Namun debit banjir hari ini berangsur menyurut. "Harapannya tidak ada hujan di wilayah hulu,  sehingga banjir di wilayah kami cepat surut,  tapi kalau curah hujan masih tinggi di bagian hulu kemungkinan banjir bertahan, " imbuhnya. 

Pantauan borneonews.co.id, sejauh ini hujan deras hampir setiap hari terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan.

Akibatnya Daerah Aliran Sungai atau DAS Katingan mulai dari wilayah hulu hingga ke hilir meluap.(ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru