Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Dukung Pengembangan UMKM Masyarakat di Wilayah Kabupaten Katingan

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Oktober 2022 - 17:29 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sengkon meminta pemda khususnya Pemprov Kalteng agar dapat mendukung pengembangan UMKM masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Katingan.

Sengkon mengatakan dukungan terhadap pengembangan UMKM dari pemerintah ini sangat diharapkan dalam rangka percepatan pemulihan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19. Sebab, semenjak pandemi merebak dampaknya sangat dirasakan.

"Dukungan pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat, dan hal itu juga menjadi aspirasi yang disampaikan kepada kita ketika saat pelaksanaan reses, sebab tanpa ada dukungan pemda UMKM yang di kelola masyarakat ini akan lambat untuk berkembang," ucapnya, Rabu, 5 Oktober 2022.

Seperti di Desa Rantau Bangkiang, Kecamatan Sanaman Mantikei. Kelompok usaha rumahan pembuatan kerupuk amplang mengharapkan dukungan bantuan alat pembuat kerupuk amplang guna untuk mempermudah produksinya.

Selain itu, pengrajin usaha kerupuk yang ada di Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala mengharapkan dukungan alat press plastik yang besar untuk kemasan kerupuk, sebab selama ini pengemasan dilakukan secara tradisional yakni menggunakan lilin untuk menutup rapat kemasan produk tersebut.

"Sedangkan di Desa Galinggang, Kecamatan Kamipang masyarakat meminta dukungan dana dan media promosi untuk pemasaran produk UMKM yang ada disana. Karena kendala yang tengah dihadapi pelaku UMKM itu saat ini yakni dalam hal pemasaran. Harapan kita tentu aspirasi ini bisa direalisasi kedepan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru