Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uut Murung Kaya Potensi Wisata Alam

  • Oleh Trisno
  • 05 Oktober 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kecamatan Uut Murung merupakan salah satu kecamatan Pemekaran dari Kecamatan induk Tanah Siang, tidak ada yang berbeda  kondisi kecamatan yang beribukota di Tumbang Olong tersebut dengan kecamatan lainnya kecuali kekayaan potensi wisata.

Sebagaimana diiungkapkan Camat Uut    Murung, Milwan Admaja ketika dibincangi Ppost, Rabu kemarin mengatakan di Kecamatan tersebut ada banyak sekali panorama alam, pegunungan, dan air terjun yang sangat indah yang menjadi andalan objek wisata di Kabupaten Murung Raya (Mura) meski memang kurang diberikan perhatian dan promosi oleh pemerintah setempat.

kekayaan alam berupa flora dan fauna yang beragam bentuknya dan terbilang langka, potensi wisata berupa air terjun , goa, sumber air panas  dan bebatuan tambang serta bebatuan mulia yang bernilai ekonomis tinggi.

Lebih lanjut dikatakan keindahan alam yang di dukung potensi –potensi alam yang ada di dalamnya serta tinggal sedikit sentuhan tangan dari Pemerintah Daerah untuk pembangunan infrastruktur penunjang akan  sangat  mendukung  untuk kecamatan U,ut  Murung di jadikan lokasi ekowisata andalan untuk Kabupaten Murung Raya.

Hal tersebut apabila di perhatikan dengan serius bisa meningkatkan PAD bagi Murung Raya dari sektor wisata belum lagikekayaan alam berupa bahan tambang akan menempatkan kecamatan ini menjadi kecamatan yang maju di masa yag akan datang.

Tugu Khatulistiwa yang berdiri kokoh di desa Tumbang Olong II adalah salah satu kekayaan yang dimiliki kabupaten yang bermotto Tira Tangka Balang ini karena, hanya beberapa wilayah tertentu saja di Indonesia yang daerahnya di lintasi garis Khatulistiwa termasuk di Indonesia hanya di provinsi Sumatra Barat tepatnya di sebuah kota kecamatan yaitu kota Bonjol Kabupaten Pasaman, Pulau Halmahera di provinsi Maluku Utara, Pulau Lingga di Provinsi Kepulauan Riau, Sulewesi Tengah, Kota Pontianak Kalimantan Barat, dan Tumbang Olong Kecamatan U’ut Murung.

Sementara itu, terpisah Wakil Bupati, Rejikinnor ketika dikonfirmasi terkait hal itu mengungkapkan bahwa wilayah Kecamatan Uut Murung memang memiliki kekayaan objek wisata.

Namun karena akses yang sangat jauh dari ibu kota  Puruk Cahu, sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, seperti para pecinta alam dan para penjelajah.

Namun Pemerintah tetap melakukan pengelolaan dan pemeliharaan beberapa objek wisata yang ada dan secara perlahan akan dilengkapi fasilitasnya. (Trs)

Berita Terbaru