Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah DBD, Dinkes Ajak Masyarakat Aktifkan 3M

  • Oleh Asprianta
  • 06 Oktober 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Genangan air dan banjir terjadi di banyak tempat saat musim hujan. Bukan hanya mengganggu kenyamanan dan kebersihan, tetapi juga berdampak pada kesehatan. Salah satunya adalah timbulnya penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan di Kabupaten Pulang Pisau pada Juli dan Agustus 2022 lalu. Setidaknya ditemukan dua kasus dalam rentang waktu tersebut.

“Untuk DBD pada bulan Juli dan bulan Agustus di temukan 2 kasus. Bertepatan dengan datangnya musim hujan juga menjadi signal kewaspadaan untuk mencegah penyakit DBD,“ kata Kabid Pencegahan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina.

Dengan adanya kasus tersebut dan memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau mengimbau kepada masyarakat supaya menerapkan pola 3M. Yakni menguras bak air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas seperti kaleng dan lainnya.

"Di Bulan September tidak ada kasus DBD yang kita temukan. Namun kita tetap waspada terutama curah hujan cukup tinggi saat ini," ucap dr Pande. 

Ia menjelaskan kalau 3M nya pada pandemi Covid-19 itu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tetapi kalau 3M nya DBD itu, menutup baik air, menguras bak air dan mengubur barang bekas.

"Ini yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya DBD," tambah Pande.

Ia juga menjelaskan pentingnya gerakan gerakan 3M plus (menutup, menguras dan mengubur).

Menutup bak air, kata Pande, supaya tidak menjadi sarang nyamuk dan menguras bak air minimal satu kali dalam seminggu. Itu dilakukan untuk mencegah jentik-jentik nyamuk berkembang biak.

Terakhir, kata dia, mengubur barang-barang bekas seperti kaleng, botol, ember yang berpotensi menjadi tempat berkembang biar jentik nyamuk.

"Plusnya itu menjaga kebersihan lingkungan supaya lebih bersih dan rapi serta jangan menggantung baju yang tidak dipakai dan ventilasi jendela harus bagus dari cahaya," jelasnya.


TAGS:

Berita Terbaru